• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Wednesday

Cara Mudah Membersihkan Kuas Make-Up Dengan Bahan yang Ada di Dapur

Angel Miki
Image: prettydesigns
Hi Ladies, membersihkan kuas make-up adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikanmu! Minyak, kotoran serta residu make-up pasti tercampur menjadi satu dalam sebuah kuas selama berhari-hari. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang tidak bisa lepas dari make-up, sehingga kamu menilai bahwa make-up adalah kebutuhan sehari-hari buatmu. Tidak pernah membersihkan kuas make-up secara berkala merupakan tindakan buruk yang dapat memperngaruhi kesehatan pada kulit kita. Percuma dong kita cuci muka dua kali sehari tapi sama kuas make-up yang sering kita pakai malah jarang-jarang dicuci. Barangkali sebagian dari kita khawatir yaa, bahwa mencuci kuas make-up itu akan menyebabkan kuas mudah rusak. Kalau itu memang menjadi alasan kenapa kita tidak mau rajin mencucinya, ada cara mudah untuk membersihkan kuas make-up dengan bahan yang ada di dapur. 
Cara ini aman banget! Bahan yang digunakan untuk mencuci pun sangat sederhana, dan dapat kita temukan dengan mudah di swalayan maupun supermarket. Jadi, sekarang nggak ada lagi alasan malas mencuci kuas make-up. Oke?

Bahan:
+ Olive oil atau minyak zaitun (gunakan yang extra-virgin)
+ Sabun antibakteri cair

Langkah membersihkan kuas make-up :
1. Campur sabun antibakteri dan extra-virgin olive oil dengan perbandingan 1:1 ke dalam piring bersih. (jangan gunakan piring kertas, karena akan menyerap minyak dan cairan). Tidak perlu ditambah air.
2. Basahi kuas make-up dengan sedikit air hangat/suam-suam kuku. Pastikan kuas tetap kencang selama proses membersihkan ini. Kalau air masuk ke ferrule dari kuas, itu bisa melonggarkan lem, dan menyebabkan bulu-bulu kuasnya rontok.
3. Celupkan kuas yang sudah dibasah air hangat tadi ke dalam campuran sabun dan extra-virgin olive oil. Bersihkan secara lembut dengan cara digosok-gosokkan ke telapak tangan sampai kotoran larut bersama sabun.
4. Bilas kuas dengan air suam-suam kuku sampai tidak ada sabun yang tersisa di bulu.
5. Letakkan kuas-kuas yang sudah dibilas tadi diatas handuk, dengan posisi kuas miring/menjorok ke handuk karena handuk akan menyerap air yang ada pada kuas, sehingga memungkinkan kuas-kuas tersebut mengering dalam posisi miring.

**Jika sisa kotoran yang ada di kuas sangat banyak, ulangi proses pencucian sekali lagi supaya benar-benar bersih. Biarkan kuas-kuas mengering dalam semalam.

Bersihkan kuas make-up sebulan sekali. Dengan begitu, kebersihan kuas make-up tetap terjaga dan tidak ada lagi bakteri dari kuas yang masuk ke pori-pori kulit wajah kita. Untuk apa menunda membersihkannya, yang ada justru residu make-up akan semakin menumpuk dan merusak kuas. Sayang kan kalau kuas bagusmu yang harganya 300 ribu ke atas harus kehilangan fungsinya gara-gara sifat malasmu? :)

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.